Senin, 17 November 2008

BAB 1
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Latar belakang pengamatan kali ini adalah disebabkan karna tugas dari guru yang diberikan kepada kami, dan yang akan di bahas adalah tentang bunga matahari yang selalu mengikuti arah matahari berada.penyebab dari timbulnya pengamatan ini karna ingin mengetahui penyebab mengapa hal tersebut bisa terjadi,dan juga ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang bunga matahari.Pengamatan tentang bunga matahari ini dilakukan di rumah pak Slamet Kardiyono di jln.balongkrai rt01 rw01 kel.pulorejo kec.prajurit kulon Mojokerto.

B. PERUMUSAN MASALAH
Penyelesaian masalah kali ini adalah melakukan penelitian secara langsung tentang bunga matahari yang selalu menghadap kearah datangnya sinar matahari, dan melakukan percobaan-percobaan/ eksperimen dan mencatat hal-hal yang mungkin penting dalam pengamatan ini.

C. TUJUAN
Tujuan dalam pengamatan kali ini adalah agar semua pembaca tahu hal-hal yang menyebabkan mengapa bunga matahari selalu mengikuti arah gerak/datangnya sinar matahari.

D. MANFAAT
Manfaat dari pengamatan yang dilakukan ini adalah si pembaca bisa tahu lebih dalam tentang bunga matahari yang telah diteliti sebab-sebabnya mengapa bunga tersebut bisa selalu mengikuti arah datangnya arah matahari.


BAB 2
PEMBAHASAN

A. HIPOTESIS
Dugaan sementara tentang bunga matahari tersebut adalah karena setiap tumbuhan memang membutuhkan cahaya matahari untuk berfotosintesis dan untuk proses pertumbuhan.

B. METODE PENELITIAN
Hal-hal pertama yang akan dilakukan dalam penelitian kali ini adalah menanam bunga matahari lagi sebanyak tiga bunga untuk di amati, dan masing-masing bunga tersebut akan di tutup dengan kardus yang telah diberi lubang disisi kanan, sisi kiri, dan sisi atas kardus.Dalam satu minggu bunga matahari tersebut akan tumbuh sepanjang 8,7 cm, dan setelah itu dalam beberapa hari bunga akan tumbuh lebih panjang dan batang bunga tersebut akan menghadap ke arah lubang yang terkena sinar matahari tersebut. Mengapa bunga matahari tersebut menghadap ke arah matahari..??? Karena semua jenis tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis, begitu juga bunga matahari. jika tumbuhan tersebut tidak terkena cahaya matahari maka tumbuhan tersebut akan layu dan mati karena tumbuhan tersebut tidak bisa membuat makanan cadangan atau tidak bisa berfotosintesis.Lalu hal-hal yang menyebabkan batang bunga matahari tersebut membengkok adalah karena bagian batang bunga yang terkena cahaya matahari tersebut telah kehilangan banyak sel-sel yang membantu dalam proses pertumbuhan tumbuhan tersebut, sedangkan bagian batang bunga matahari yang tidak terkena cahaya matahari tidak kehilangan sel-sel sedikitpun sehingga bagian batang yang terkena cahaya matahari akan keberatan oleh bagian batang yang tidak terkena matahari karena terdapat banyak sel-sel.
Seluruh bunga akan selalu membutuhkan cahaya matahari untuk mambuat makanan maupun makanan cadangan (fotosintesis). Jika tubuhan tersebut tidak mendapatkan cahaya matahari maka tumbuhan tersebut akan layu lalu mati karna tidak bisa mendapatkan makanan dan menyimpan makanan cadangan.Maka dari itu bunga matahari akan selalu mengikuti arah datangnya cahaya matahari, dari manapun juga datangnya cahaya tersebut bunga matahari akan selalu mengikutinya.


BAB3
HASIL PENELITIAN

HASIL PENELITIAN
Hasil dari penelitian/pengamatan yang dilakukan ini adalah memang bunga matahari tersebut selalu menghadap ke arah datangnya cahaya matahari untuk mendapatkan cahaya tersebut yang akhirnya akan digunakan untuk berfotosintesis dan juga untuk proses perkembangan.


BAB4
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Kesimpulan dari penelitian ini adalah semua jenis tumbuhan akan selalu menghadap ke arah datangnya sinar matahari karena mendapatkan suatu rangsangan dari cahaya matahari tersebut, dan tumbuhan juga membutuhkan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis serta untuk perkembangan.

B. KRITIK dan SARAN
Semoga tugas penelitian yang dilakukan ini sukses dan bermanfaat bagi semua orang yang membacanya.

C. DAFTAR PUSTAKA
www.google.co.id

Tidak ada komentar: